PERMENLH NOMOR 2 TAHUN 2014 TENTANG PENCANTUMAN LOGO EKOLABEL

Tri Hendro A. Utomo, Januari 2015

 

Pada awal Tahun 2014 Kementerian Lingkungan Hidup mengeluarkan Peraturan Menteri tentang pencantuman Logo Ekolabel. Peraturan Menteri ini menjadi penting agar tidak ada kesalahan dalam pencantuman Logo Ekolabel yang hak patennya dimiliki oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Berikut adalah beberapa butir penting PERMEN tersebut.

Peraturan ini bertujuan mengatur pencantuman Logo Ekolabel yaitu Logo Ekolabel Indonesia dan Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia.

Logo Ekolabel Indonesia adalah logo ekolabel yang diberikan terhadap suatu produk tertentu yang telah disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Ekolabel (LSE).

LSE adalah lembaga yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional dan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikasi ekolabel

Sedangkan Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia adalah logo ekolabel yang diberikan terhadap suatu produk tertentu berdasarkan  hasil verifikasi Lembaga Verifikasi Ekolabel (LVE) atas klaim produsen, importir, distributor, pengecer, pemilik merek dagang, atau pihak lain yang berkepentingan.

LVE adalah lembaga yang telah teregistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup sebagai lembaga yang melakukan verifikasi terhadap pernyataan klaim aspek lingkungan suatu produk.

Untuk mendapatkan Logo Ekolabel Indonesia suatu produk harus terlebih dahulu memperoleh sertifikat dari LSE yang menyatakan bahwa produk tersebut telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Selanjutnya harus  mendapatkan persetujuan pencantuman Logo Ekolabel dari Menteri Lingkungan Hidup.

Logo Ekolabel Swadeklarasi Indonesia dapat dicantumkan pada suatu produk jika produk tersebut telah memperoleh Surat Keterangan Kesesuaian yang dikeluarkan oleh LVE dan memperoleh persetujuan pencantuman Logo Ekolabel dari Menteri Lingkungan Hidup. Surat Keterangan Kesesuain adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh LVE yang menyatakan bahwa klaim lingkungan suatu produk sudah sesuai dengan hasil uji yang dilakukan.

Surat persetujuan penggunaan logo yang dikeluarkan berlaku selama 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang. Perpanjangan dapat dilakukan 3 (tiga) bulan sebelum masa berlaku pencantuman Logo Ekolabel berakhir.

File PERMEN dapat diunduh disini :

IND-PUU-7-2014-Permen LH 2 th 2014 Ekolabel

 

Logo Ekolabel Indonesia

Logo Ekolabel Indonesia

 

Logo Ekolabel Swadeklarasi

Logo Ekolabel Swadeklarasi

 

Tentang Kami
Indonesia Green Product merupakan wadah untuk berbagi informasi bagi Konsumen dan Produsen yang memperhatikan aspek lingkungan dari produk yang dikonsumsi atau diproduksi.
Lokasi

Rumah Kecapi
Jl. Lengkong Gudang Timur III
Serpong, Tangerang Selatan
Indonesia

Email : info@indonesiagreenproduct.com

Statistik
Flag Counter