KLAIM LINGKUNGAN PERBANDINGAN

Tri Hendro A. Utomo

 

Saat ini mulai banyak kita ketemukan di pasaran produk yang mengklaim ramah lingkungan dengan menggunakan klaim green, hijau, dapat didaur ulang (recyclable), dapat di guna ulang (reuse) dan lain-lain. Klaim tersebut biasanya berupa pernyataan, symbol atau gambar yang diletakkan pada kemasan, wadah, iklan dan publikasi.

 

Namun sebagai konsumen kita harus cermat mengamati klaim tersebut karena tidak semua klaim tersebut tepat. Ada beberapa klaim yang dilakukan hanya untuk mempromosikan produk tanpa dengan sedikitpun mencerminkan produknya. Ada juga klaim dengan melakukan perbandingan dengan produk lain namun perbandingan tersebut tidak tepat. Hal-hal seperti ini biasanya disebut dengan “green washing”.

 

Salah satu contoh yang ada di pasar adalah produk sabun mandi cair dalam kemasan untuk isi ulang “refill”. Produk ini mengklaim (jika diterjemahkan) kemasannya Eco-friendly karena menggunakan plastik kurang dari 80%. Pernyataan “menggunakan plastik kurang dari 80%” tersebut “dibanding dengan berat botol untuk volume yang sama”. Jika dilihat memang tidak ada yang salah pada klaim tersebut namun jika kita perhatikan dengan seksama pernyataan tersebut tidaklah tepat.

 

Klaim tersebut dapat disebut dengan “klaim perbandingan”. Klaim perbandingan adalah melakukan perbandingan untuk suatu produk yang sama dengan fungsi yang sama atau hampir sama. Klaim produk di atas adalah untuk kemasan produk dimana kemasan tersebut berbentuk kantong yang terbuat dari plastik. Kemudian kemasan tersebut dibandingkan dengan botol plastik. Secara umum kantong plastik dan botol plastik untuk menampung volume yang sama akan berbeda jumlah materi yang menyusunnya sehingga berat dan konsumsi materi yang diperlukan juga berbeda. Sehingga tidak bisa dibandingkan.

 

Perbandingan tersebut akan bermakna jika kantong plastik tersebut dibandingkan dengan kantong plastik untuk kemasan sabun cair dengan volume yang sama dari merek lain atau yang pernah diproduksi. (THAU)

Tentang Kami
Indonesia Green Product merupakan wadah untuk berbagi informasi bagi Konsumen dan Produsen yang memperhatikan aspek lingkungan dari produk yang dikonsumsi atau diproduksi.
Lokasi

Rumah Kecapi
Jl. Lengkong Gudang Timur III
Serpong, Tangerang Selatan
Indonesia

Email : info@indonesiagreenproduct.com

Statistik
Flag Counter