Informasi

Halaman ini memberikan informasi mengenai data yang ada pada website ini. Diharapkan informasi yang disampaikan dapat memberikan penjelasan sehingga dapat mengurangi kesalahpahaman terhadap data yang ditampilkan.

 

Green Product Indonesia

atau Produk Hijau Indonesia yang dimaksud dalam database ini adalah produk (barang/jasa) yang telah mempertimbangkan aspek lingkungan pada daur hidupnya. Aspek lingkungan yang dimaksud bisa berupa keseluruhan aspek dari daur hidup (life cycle) atau satu atau lebih aspek lingkungan dari daur hidup suatu produk. Produk tersebut tersedia di pasaran Indonesia.

 

Sumber Data

Data yang menjadi bahan dalam penyusunan database ini berasal dari berbagai sumber informasi diantaranya : survey pasar, media masa, produsen dan konsumen serta pihak terkait lannya. Survei pasar dilakukan dengan mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan baik besar maupun kecil. Survey ini dilakukan dengan melihat satu-persatu informasi yang ada pada produk maupun kemasannya atau sumber informasi lainnya mengenai produk tersebut seperti brosure, selebaran, iklan dan lain-lainnya. Informasi yang dilihat adalah logo ekolabel, deklarasi lingkungan baik berupa pernyataan atau logo. Mengingat sumber daya yang terbatas, pada saat ini survey pasar hanya dilakukan di beberapa daerah dan belum menjangkau seluruh Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan ada data yang belum masuk ke dalam database atau ada produk yang ada di database namun tidak terdapat di pasar pada daerah tertentu.

Sumber informasi lainnya adalah Media Masa baik cetak maupun elektronik. Sebelum memasukkan informasi tersebut ke dalam database terlebih dahulu dilihat keberadaan produk tersebut di pasaran. Jika produk tersebut sudah tersedia dipasaran kemudian dimasukan ke dalam database. Produsen dan konsumen juga dapat memberikan masukan terhadap produk yang telah mempertimbangkan aspek lingkungan baik yang merek konsumsi atau produksi.

 

Sistem Pengelompokkan

Pengelompokan produk dalam database ini mengikuti penggolongan menurut tipe label lingkungan atau ekolabel yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) TC 207 Environmental Management. Ada 3 (tiga) tipe Ekolabel yang dikembangkan oleh ISO yaitu :

Ekolabel Tipe 1 (ecolabel type 1)adalah Ekolabel Multi Kriteria, dimana suatu produk yang mendapatkan logo ekolabel harus terlebih dahulu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Proses verifikasi terhadap pemenuhan kriteria tersebut dilakukan oleh pihak ketiga atau Lembaga Sertifikasi Ekolabel (LSE) yang independan, kompeten dan kredible.

Identifikasi produk yang telah mendapatkan ekolabel tipe I di pasaran adalah dengan melihat logo ekolabel yang dipasang di produk, di kemasan, iklan atau sumber informasi lainnya baik cetak maupun elektronik.

Ekolabel Tipe 2 (ecolabel type 2) adalah klaim lingkungan Swadeklarasi (self declare), dimana produsen, importir, distributor, pengecer (retail) atau pihak lain yang mungkin memperoleh manfaat dari swadeklarasi dari suatu produk, dapat membuat klaim lingkungan swadeklarasi berupa lambang/simbol atau grafis yang menunjukkan aspek lingkungan dari suatu produk, komponen atau kemasan tanpa sertifikasi pihak ketiga.

Identifikasi produk yang melakukan klaim lingkungan swadeklarasi adalah dengan melihat klaim baik yang berbentuk logo/gambar atau pernyataan. Klaim tersebut dapat dilihat pada produk, kemasan, iklan atau sumber informasi lainnya baik cetak maupun elektronik. Selain itu klaim lingkungan swadeklarasi juga dapat dilihat dari komposisi bahan yang tertera pada kemasan dan sumber informasi lainnya.

Ekolabel Tipe 3 (ecolabel type 3) adalah informasi aspek lingkungan produk secara kualitatif, dimana aspek lingkungan dari suatu produk dikuantifikasi dengan melihat daur hidup (life cycle) produk tersebut.

Identifikasi produk ini adalah dengan melihat pernyataan aspek lingkungan dari suatu produk yang dikuantifikasikan. Informasi tersebut biasanya terdapat pada kemasan atau lembar informasi produk.

Tentang Kami
Indonesia Green Product merupakan wadah untuk berbagi informasi bagi Konsumen dan Produsen yang memperhatikan aspek lingkungan dari produk yang dikonsumsi atau diproduksi.
Lokasi

Rumah Kecapi
Jl. Lengkong Gudang Timur III
Serpong, Tangerang Selatan
Indonesia

Email : info@indonesiagreenproduct.com

Statistik
Flag Counter